HTTP Error 500.21 – Internal Server Error Handler “PageHandlerFactory-Integrated” has a bad module “ManagedPipelineHandler” in its module list – IIS 7

Saat ingin mencoba menggunakan IIS 7 untuk aplikasi yang saya buat dengan ASP.Net Visual Studio 2010 selalu muncul error sebagai berikut :

“HTTP Error 500.21 – Internal Server Error Handler “PageHandlerFactory-Integrated” has a bad module “ManagedPipelineHandler” in its module list”

Wah baru pertama nyoba langsung error.., hmmm…! Dengan rasa penasaran dan semangat juang 45 saya langsung mencoba menganalisa error tersebut. vonis pertama saya jatuhkan pada IIS 7 Servernya yang error, saya mengira mungkin instalasi IIS nya yang tidak sempurna karena pada saat instalasi saya tidak memilih semua fitur yang ada.

Langsung saja saya mencoba menginstal ulang IIS nya dengan memilih semua fitur yang ada pada IIS. setelah selesai komputer di restart dan setelah restart tanpa menunggu lama lagi saya langsung mencoba lagi aplikasi saya. Namun apa yang terjadi…., lagi-lagi browser Mozilla Firefox kesayangan saya menampilkan pesan error yang sama seperti di atas..

Berbagai cara sudah dicoba, namun belum juga berhasil dan akhirnya saya mencoba googling berharap agar mbah google mempunyai jawaban atas masalah tersebut. setelah sekian lama berkonsultasi dengan mbah google akhirnya saya menemukan solusinya. Usut punya usut ternyata .Net Frameworknya yang bermasalah, dalam hal ini saya salah dalam proses instalasinya seharusnya IIS 7 di instal terlebih dahulu lalu visual studio 2010 sehingga dalam kasus ini karena visual studio 2010 di instal terlebih dahulu maka .Net Framework v.4 yang dipakai oleh visual studio 2010 tidak teregister ke IIS 7.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut cara termudahnya adalah dengan menginstal ulang .Net Framework v.4, namun apabila kita tidak mempunyai master .Net Framework kita bisa merepairnya karena secara default Visual Studio 2010 sudah menginstalnya, caranya adalah sebagai berikut:

Cara I : Dengan merigester ulang .Net Framework v.4

Start->Run, lalu ketikkan perintah berikut:

untuk windows 32 bit (x86) :

%windir%\Microsoft.NET\Framework\v4.0.30319\aspnet_regiis.exe –i

untuk windows 64 bit (x64) :

%windir%\Microsoft.NET\Framework64\v4.0.30319\aspnet_regiis.exe –i

Jika dengan cara tersebut belum bisa maka dapat dilakukan dengan cara kedua yaitu dengan merepair instalasi .Net Framework

Cara II : Merepair instalasi .Net Framework v.4

Start->Run, lalu ketikkan perintah berikut:

untuk windows 32 Bit (x86) :

%windir%\Microsoft.NET\Framework\v4.0.30319\SetupCache\Client\setup.exe /repair /x86 /x64 /ia64 /parameterfolder Client /q /norestart

untuk windows 64 Bit (x64) :

%windir%\Microsoft.NET\Framework64\v4.0.30319\SetupCache\Client\setup.exe /repair /x86 /x64 /ia64 /parameterfolder Client /q /norestart

NB: Tunggu beberapa saat saat proses instalasi, karena pada saat repair tidak menampilkan window.

 

Selamat Mencoba, Semoga berhasil…

4 Responses to “HTTP Error 500.21 – Internal Server Error Handler “PageHandlerFactory-Integrated” has a bad module “ManagedPipelineHandler” in its module list – IIS 7”

  1. Runtime-Error-429 Says:

    Works Great ! Just what I needed.

  2. Lukito Says:

    terima kasih, sudah berhasil


Leave a comment