Windows XP: This copy of Windows must be activated before you can log on.

Kali ini saya akan sharing lagi mengenai masalah activasi Windows XP, sebelumnya saya akan bercerita tentang kronologi masalah yang terjadi pada komputer produksi yang ada di tempat saya bekerja.

Pada saat komputer di hidupkan,  sebelum muncul layar login windows muncul kotak dialog yang mengatakan bahwa licence windows xp sudah expired dan harus di reactivate. kurang lebih bunyinya seperti ini:

This copy of Windows must be activated with Microsoft before you can log on. Do you want to activate Windows now?

xplicensingactivate

Jika di klik Yes, maka akan muncul kotak dialog untuk mengaktifkan windows secara online atau memasukkan product key secara manual. permasalahan di sini adalah komputer tidak terkoneksi ke internet, maka saya ambil option kedua untuk memasukan serial key secara manual. setelah saya masukkan product key yang saya dapat dari CD installer asli muncul kotak dialog yang mengatakan bahwa product key invalid, berkali-kali saya coba memasukkan product key yang lain masih juga di anggap bahwa product key invalid.

Saya berpikir ya sudalah install ulang saja windows nya selesai permasalahan, namun tidak bisa demikian karena jika di install ulang maka banyak sekali aplikasi yang harus di install dan harus di konfigurasi berhubung ini adalah komputer untuk mesin produksi dan engineer bilang ke saya butuh waktu 1-2 hari untuk proses konfigurasinya.

Ya sudahlah, akhirnya lagi-lagi saya harus konsultasi dengan simbah google menanyakan perihal masalah ini. singkat cerita saya menemukan solusi dari masalah tersebut. berikut saya bagi solusi nya.

Pertama restart komputer, pada saat sebelum loading windows tekan terus menerus tombol F8 sehingga akan muncul tampilan untuk masuk ke safe mode.

windows-vista-safe-mode

Pilih pilihan safe mode with command prompt, setelah masuk ke tampilan command prompt ketikan explorer.exe lalu ENTER

Akan masuk ke tampilan desktop, klik tombol Start lalu pilih Run dan ketikan perintah berikut pada kotak Run:

rundll32.exe syssetup,SetupOobeBnk

Klik OK, dan tunggu beberapa saat. layar mungkin akan berkedip beberapa kali. setelah itu restart komputer dan otomatis akan masuk ke booting normal tanpa ada melewati proses activasi lagi.

Perlu di catat cara ini hanya untuk mem bypass proses activasi pada saat log on windows, dan windows kita akan active lagi selama 30 hari. kemudian lakukan proses activasi secara resmi untuk mengaktifkan windows secara permanen, atau bisa juga dengan melakukan crack windows dengan crack tools yang banyak bertebaran di internet. namun cara ini tidak saya rekomendasikan terutama untuk perusahaan, tapi untuk kalangan mahasiswa boleh lah..🙂

Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

Leave a Reply

