Crystal Report: Sub Report Not Display Data at Runtime

Lama sekali tidak pernah menyentuh blog ini, maklum sudah lama tidak berhubungan dengan yang namanya komputer. berhubung sekarang sudah balik ke habitatnya yaitu tukang ketik kode, kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya mengenai reporting menggunakan Crystal Report dan Visual Studio.Net.

Problem ini sebenarnya sangat simple, namun benar-benar menguras tenaga dan pikiran saya…🙂 (sampai segitu nya..). OK, langsung saja ya. kali ini kita akan membahas mengenai pembuatan report menggunakan Crystal Report dan kita akan menyisipkan sub report pada main reportnya. trus apa susahnya buat gituan doank…??? hehe.. buatnya sih gak susah tapi permasalahan di sini adalah ketika saya sudah desain report dan sub report pada designer visual studio semua berjalan sesuai dengan rencana, data yang kita ingin kan tampil dengan manisnya di preview window. namun ketika saya running programnya hanya data yang ada di main report yang tampil sedangkan data pada sub report tidak tampil alias menghilang di telan buaya…

Berikut screenshoot tampilan previewnya:

capture

Foto dan nama adalah main report, sedangkan tabel di bawahnya adalah sub report. seperti saya sampaikan di atas tidak ada masalah pada saat development mode. dan begini hasilnya setelah program di running:

capture2

Wow amazing…, data di sub report tidak nongol. hari pertama saya coba obok-obok semua coding dan designnya namun belum berhasil. hari kedua saya coba bertanya sama simbah google dan om stack overflow eh ternyata hampir semua kawan seprofesi (programmer) saya mengalami masalah yang sama dan tidak menemukan solusi.

Hari kedua saya putuskan untuk break dulu sambil menenangkan jiwa dan raga… haha lebay tingkat dewa..🙂 hingga keesokan harinya saya mendapatkan bisikan/wangsit dari dalam hati saya. secara tidak sengaja saya merubah urutan line code untuk setting datasource pada main report dan sub report dan luar biasa semua berjalan sesuai dengan yang di inginkan.. Alhamdulillah.. Maturnuwun Gusti Alloh.. Thanks God…

Berikut coding sebelumnya:

capture3

dan berikut coding yang benar:

capture4

Agar data pada sub report tampil, maka yang harus di set pertama adalah data source untuk sub report kemudian baru data source pada main report nya. perhatikan code yang yang saya marking kuning di atas. segampang itu bukan? namun hal se sepele ini bisa membuat kita sampai mabok dan terbawa mimpi. hoho…

Berikut screen shootnya:

capture5

Demikian, selamat mencoba semoga bermanfaat..

 

Leave a Reply

