Rumus Mencari Persen

Suatu hari ada temannya saya yang menanyakan masalah matematika kepada saya, yaitu cara mencari persen dari sebuah nilai. maklum waktu itu adalah tanggal muda jadi mungkin beliau ingin menghitung-hitung gajinya.., wah dalam hati saya langsung berkata “Lha saya aja matematika-nya jeblog waktu kuliah dulu..” hee..🙂 namun karena saya sudah terbiasa dengan logika coding pemrograman jadi saya sedikit menerka nerka rumusnya seraya berpikir keras.. heee..! dan akhirnya saya dapet menerangkan kepada beliau cara mencarinya..

OK, di disini saya hanya ingin sekedar sharing untuk adik-adik dan juga bapak-bapak serta sebagai pengingat kepada diri saya sendiri mana tau lupa tentang rumus mencari persen. ok langsung saja cek ke TKP.

Contohnya misalkan harga baju adalah Rp. 30.000 kemudian baju tersebut mendapat diskon 5%, bagaimana mencari 5% dari 30.000, dan berapa harga sebenarnya dari baju tersebut. rumusnya ialah:

Cara I:

nilai persen = [nilai persen]x[100]x[nilai pecahan]

5:100×30.000 = 0.05 x 30.000 = 1.500

Atau cara II:

nilai persen = [nilai persen]x[nilai pecahan]/[100]

5×30.000/100 = 1.500

Jadi harga baju = 30.000 – 1.500 = 28.500

Contoh lain, misalkan kita sudah mengetahui nilai dari suatu pecahan dan ingin mencari persentasenya, seperti contoh diatas kita akan mencari 1.500 dari 30.000 itu berapa persen-nya? maka dapat kita hitung dengan rumus sebagai berikut:

persen = [nilai]:[nilai pecahan]x[100]

1.500:30.000×100 = 5%.

 

Hikmah yang dapat diambil:

Jangan suka meremahkan ilmu walaupun ilmu itu hanya sepele, Ilmu matematika ternyata banyak manfaatnya… dulu saya tidak terlalu suka dengan pelajaran matematika, tapi sekarang baru terasa manfaat-nya terutama menyangkut pekerjaan saya sebagai programmer. Selain itu ternyata dalam Islam pun matematika juga di perlukan, seperti dalam ilmu mawaris, menghitung zakat dan lain sebagainya.

Selamat mencoba, semoga bermafaat..

100 Tanggapan to “Rumus Mencari Persen”

  1. amp31 Says:

    maaf mau bertanya…
    saya jual baju dengan harga 250.000,,, kemudian (rencana memberikan diskon kepada pelanggan)saya mau turunkan harganya menjadi 230.000,, berapa persenkah yang harus saya tulis di toko saya ????

    • Admin Says:

      Cara mencarinya begini:
      Harga baju = 250.000, mau dijual menjadi 230.000, maka secara nilai kita akan memberi diskon sebanyak 20.000 (250.000-230.000), jadi untuk menjadikannya persen kita bisa pakai rumus yang kedua yaitu:
      persen = [nilai]:[nilai pecahan]x[100] sehingga:

      persen = 20.000:250.000×100 = 8

      Jadi 20.000 dari 250.000 adalah 8%.

      Semoga membantu..

      • ainul jakin Says:

        terimakasi, sangat membantu sekali

      • Admin Says:

        Sama-sama pak..

  2. aj Says:

    makasih banyak

    • Admin Says:

      ok terimakasih telah mampir ke blog saya.

  3. LIN Says:

    Saya mau tanya gimana caranya mencari persen
    misalnya Q bahan yg dipakai 6899 Rp 119.669.096.98 total pemakaian bahan Q 29396 Rp 131.443.214.67. pertanyaannya berapa % pemakaian bahan dari total pemakaian.

    • Admin Says:

      Mungkin bisa pakai cara yang kedua pak:
      persen = [nilai]:[nilai pecahan]x[100] sehingga:

      persen = 6899:29396×100 = 23,5%

      Jadi bapak sudah memakai 23,5% dari total pemakaian..
      Semoga membantu…

  4. adnan Says:

    mas bro mw nanya..
    misal ny ad data bgni:
    pendapatan hari pertama=2500, trus pendapatan hari kedua turun menjadi=1900
    nyari persentase penurunan ny gmna?
    klo bsa beserta penjelasan metode/penjelasan teori ny mas..

    • Admin Says:

      hari pertama=2500 kemudian hari kedua turun menjadi 1900, maka jika dikurangkan 2500-1900=600 sehingga dari hasil pengurangannya tersebut didapat penurunan sebesar 600, nah langkah selanjutnya tinggal kita cari saja 600 itu berapa persen dari 2500.

      Kita bisa pakai rumus yang kedua yaitu:

      persen = 600:2500×100 = 24

      maka didapat persentase penurunannya sebesar 24%.

      Demikian, semoga membantu..

      • Yosua Juntax Says:

        Sebelumnya kita kurangi dulu=99,00-76,50=22,5

        22,5:99,00=0.22 x 100=22.7

        Jadi jawaban nya 22.7

  5. yukisky Says:

    Bro mau nanya misalnya harga brng 12000 terus di diskon 25% jadi 9000 terus kalau saya balikan ke 9000 ditambah diskon 25% harganya jadi lain bro.yg saya mau nanya rumusnya untuk menambahkan 25% supaya pas untuk di tambahkan dan untuk dikurangkan.thanks before

    • Admin Says:

      Jadi lain gimana mas bro, mungkin mas bro pas nambahkan 9000+25% itu 25% diambil dari 9000 jadi harganya gak sama..

      • mentari Says:

        trus cara hitungnya gimana dooong …

      • mazandrie Says:

        ini yang saya alamai juga jadi : misalkan saya jual barang harga 100, kemudian diskoun 25% ==> 100-25%* = 75…..nah kalau 75 ini kita tambahkan 25% maka hasilnya ===> 75+25%**=93,75 bukan 100 lagi…ini biasa kesalahan kalau kita memakai kalkulator dagang(kesalahan presepsi)…Karena 25%* berbeda dengan 25%**, yang * diambil dari faktor 100 sedangkan ** diambil dari faktor 75-nya…jadi memang beda

      • Gun Says:

        Mestinya 9000 + 25%(12000) = 9000 + 3000 = 12000 ok

  6. Ari Widi Andhika Says:

    mas..
    mass tolong cara mencari persen soal seperti ini gmn ya??..
    untuk project
    sebuah team mempunyai Stat 76,50
    dan max Stat tsb adalah 99,00
    percennya brp ya?

    • Regina Dwi Jovietay Says:

      Cranya ya 76,50:99,00×100% gituuuu…..🙂

    • nawir Says:

      team nya kata ganto orang gak.,.,?? klo kata ganti org mksud 76,50 apaan.,., emang berat badan lu ukur hahaha

  7. SoepaDh PoetrinapAk CuRadh Says:

    saya mau tanya ,
    bagaimana cara mencari persentase sebuah kiriman yang nominalnya adalah Rp. 31.588.965 dari sebuah penyewaan mobil dengan harga Rp.600.000.mohon penjelasannya .terima kasih🙂

  8. idaylummm Says:

    Ada aplikasinya ga gan,buat symbian atow java???

    • febri Says:

      adda cara rumus persen kelas 5 nggak

  9. efendi Says:

    maaf mau bertanya..
    Gula di beli dengan harga Rp4.000,00per kg,kemudian dijual kembali dengan harga Rp42,500,00 per 10kg tentukan persentase keuntungan yang di peroleh dalam persen?

    • Qwerty Says:

      42.500/10= 4250 – 4000 = 250 / 4000 = 0,0625 x 100 = 6,25%

  10. ncu Says:

    kalau gini,, 150 itu 40% dari berapa,,
    itu gimana nyariknya coba ??

  11. herlambang Says:

    pinjaman bank 75 jt dibayar perbulan sebesar 4.025.000 selama 2 tahun berapa persenkah pinjaman bank tersebut per bulan terima kasih bro….

  12. yyii Says:

    100 disitu disebut apa

  13. andhar Says:

    cara mencari hasil 20.000 (10%)…
    18.182 x 10 % = 1818
    jadi 18.182 + 1.818 = 20.000

    tlg pemecahannya…..????????????????//

  14. roni Says:

    saya mau tanya:
    misalnya total pengeluaran pemerintah Rp.1.324.234.324 di gunakan untuk biaya pendidikan Rp.438.434.230. berapa persen kh biaya untuk pendidikan dari pengeluaran pemerintah tersebut ? trima kasih

  15. Ayya Says:

    saya masih bingung..
    misalnya ada responden 30 orang, 16 orang menjawabab pertanyan ‘suka’
    jadi 16 orang itu berapa persen dari 30 ??

  16. Regina Dwi Jovietay Says:

    Kalo solanya diketahui harga bersih blablabla dan harga kotornya blablabla maka nyari diskon dalam persennya gimana???🙂

  17. oscar Says:

    mas bro mo nanya nih, ane diminta tlg ma ponakan soal math. ane nyoba bantu eh ternyata buntu..😛. mentok nih, Ini soalnya :

    Rika membeli 3 buah arloji untuk adik-adiknya.Ada 3 tipe arloji yaitu A,B,dan C.Harga arloji tipe A:tipe B:tipe C : 4:4:3.Tala tersebut memasang diskon untuk tipe A sebesar 20%,15% untuk tipe B,dan 10% untuk tipe C.Jika Rika mengeluarkan uang Rp.1.010.000,00 untuk membeli ketiga arloji tersebut,berapa harga setiap arloji sebelum diskon?

  18. Dei Says:

    Terima kasih ini sangat berguna

  19. indra Says:

    saya mau tanya….
    misalkan saya bli baju 250000, kemudian saya jual lagi dengan harga 275000…
    jadi berapa persen yng sya dpat untung nya…
    tlong dijlaskan dengan jlan nya..
    trima kasih

  20. elistyan Says:

    misalnya, jam kerja 35.00 upah perjam 2,500 upah Total .87,500 Pajak 20 % Presentase pajak 17,500 diterima 70,000.00 pi sy hrus mencari persenx pi sy cb2 rumus hsilx slalu slh.tlg jln kluarx.

  21. Okke Setianugraha Says:

    mau tnya nih….yang awalnya modal produksi 41,228,912.00
    setelah melakukan perkembangan modal produksi menjadi 64,000,000.00
    jadi kan kenaikannya menjadi 22,771,088.00
    nah kalau ingin tau nilai 22,771,088.00 menjadi bahasa persen pehitungannya seperti apa untuk nilai 22,771,088.00 ? thnxq sblmnya.

  22. aulia zuanti Says:

    mau tanya ni bro, kalo dari 150 sampel, yang setuju cuma 5, berapa persen ya? trimakasih sebelumnya

    • Qwerty Says:

      5/150=0,03333333

  23. tony Says:

    Mas bro.. Mau nanya dong..
    Kalo misalnya saya berhasil cetak skor 20 kali tapi gagal 4 kali.. Nah saya mau hitung berapa persen tingkat keberhasilan saya rumus nya gimana ya mas? Thanks sebelumnya mas..

  24. audrey Says:

    jika ada anak punya 100 kelereng 30:warna merah 20warna biru 40warna hijau sisa nya warna putih berapa persentase kelereng pakai cara mana ya ka

    • audrey Says:

      ka bales donk buat kerjai pr nih

  25. anik Says:

    saya membeli rumah lwt kpr bank , dg rincian sbb : hrga jualnya 124.000.000 saya ambil waktu 10 tahun saya wajib angsur ke bank 1.833.133 .berapa persenkah bunga bank tsb ?

  26. win Says:

    mas bro numpang tanya…………
    bagaimana cara mencari harga sebenarnya? harga setelah dapat diskon 20% adalah 200.000 terus berapa harga sebelum diskon?

  27. sri mulyaningsih Says:

    saya mau tanya, jika saya membeli barang sebesar Rp. 6.423.615 , namun di harga tersebut sudah di naikan 15% , lalu bagaimana cara saya mengetahui harga barang sebenarnya sebelum di naikan sebesar 15% ?

  28. mas j Says:

    Siang mas bro, mw tnya ni
    to the point aja😀
    Misal ada populasi sebanyak 191 buah, sampelnya rencana mw sy ambil 18%-nya. Lantas gmn cara masukkan datanya ke rumus pean di atas?
    Thanks mas bro…

  29. faris Says:

    Nice share gan,

    Mau dong di ajarin jadi progammer hehehe

  30. aceng Says:

    sangat membantu sekalee… thangksss

  31. salam Says:

    jangan lupa Ibn Sina, beliau penemu Aljabar, penemu angka nol, penemu ilmu astronomi, penemu ilmu bumi dll, monggo dilihat di wikipedia, peace

  32. putra mandala Says:

    pak saya mau tanya..
    pembelian barang 750kg(30 lembar) setelah melalui beberapa proses dan dijual menjadi 630kg(30lembar) berapa persentase penyusutan kg yg terjadi? mksh

  33. mentari Says:

    mo tanya neh bro …
    kbetulan ane dapat barang dengan harga Rp 942.750,00 dan katanya harga tersebut sudah discon 10%. yang saya mau tanya harga sebelum discon berapa ya ??? mohon penjelasannya

  34. rini Says:

    jumlah siswa 420, jumlh siswa perempuan 294, beraspa persentase siswa perempuan

  35. anita Says:

    admin saya mau tanya

    pak rahmat menyimpan uang di bank Rp 75.000,00 dg bunga 18% pertahun. besar uang pak rahmat stelah 4 bulan adlh..mhon penjelasannya🙂

  36. Jhon Says:

    gimana caranya mencari persen dari total anggaran 118000 dari 47peserta dari tiap peserta menyetor 6000.

  37. RIDWAN Says:

    SAYA SEORANG CAUSTAMER DI SUATU PEMBIAYAAN PINJAMAN DANA YANG SAYA TERIMA RP 10 000 000 ( SEPULUH JUTA RUPIAH ) ANGSURAN / BULAN RP 809 000 SALAMA 21 BULAN YANG SAYA MAU TAU BERAPA PERSEN BUNGANYA TIAP BULAN………..?

  38. Teguh Juli Suwanto Says:

    Mohon dibantu, soalnya begini. Rafi menabung di bank dengan bunga 14% pertahun. Setelah 18 bulan uang Rafi menjadi Rp. 4.840.000. Berapa uang Rafi mula-mulanya?

  39. muchsin Says:

    tolong untuk harga 1000.000-500.000 selisihnya brp %

  40. trismikimi@yahoo.co.id Says:

    sepotong kayu basah beratnya 10kg. setelah dikeringkan menjadi 8kg. berapa persen kandungan air dalam kayu basah tersebut. kasih tau cara menjawabnya donk min??? penting. trimakasih.

  41. aryo Says:

    Mas Bro.. saya mau tanya nih.. kalo harga awal Rp.900.000 lalu naik menjadi Rp.1.350.000.. jadi itu naiknya berapa persen ya? dan pakai cara yg mana?
    Tks Mas bro..

  42. Ade Says:

    Thanks Gan

  43. rere Says:

    mau tanya dong kalo ada soal kaya gini gmana ya ngitungnya?
    pak toni memanen gabah seberat 1 kwintal dengan kadar air 25% setelah di jemur kadar airnya mencapai 25% berapa berat padi setelah di jemur?

  44. Dhan Says:

    mas Bro, saya punya pertayaan untuk mencari persen dari jumlah data berikut : tahun 2012 tercatat data sebanyak 325 dan di tahun 2013 tercatat sebanyak 415, berapa persen kah .?

    terima kasih

  45. kosid Says:

    Bro aku mau nanya,,,,
    Saya utang di leasing sebesar Rp 10,000,000 angsuran saya perbulan Rp 1,208,000. Untuk tenor 11 bulan…..
    Yang saya tanyakan berapa % bunga saya /tahun??????

    Terimaa kasih

  46. kanhienaputrydarma (@kanhienadarma) Says:

    saya mau bertanya :
    kalau jumlah laki-laki 11 orang dan perempuan 12 orang dan jumlah keseluruhannya 23 orang jadi berapa persen laki-laki dan berapa persen perempuan????makasih sebelumnya

    • Admin Says:

      perempuan= 11:22×100=47,8%
      laki-laki= 12:23×100=52,2%

      kalo digenapkan perempuan 48%, laki-laki 52%

  47. Baju Muslim Says:

    Admin mohon bantuannya saya adalah baru belajar dropshipp toko online, setiap penjualannya saya naikan dari harga dasar 40% cuman untuk meningkatkan penjualan, saya kurangi lagi 30%, bagaimana cara menghitung pengurangan dalam persentasi, yang saya hitung pake kalkulator gini, contohnya 100.000 + 40% =140.000, ketika saya kurangi lagi 10% 140.000 – 30% = 98.000 (pake kalkulator) bagaimana sih rumus yang benar saya sampai pusing,biar hasilnya 110.000, kan saya punya untung 10% dari 100.000, terimakasih

  48. HERIS Says:

    MAKASIH YA INFONYA

  49. Parjuangan Says:

    minta caraya gan, seorang pedagang menjual barang dagangan seharga Rp 80.000,- dan ia memperoleh laba 25% dari harga beli. barapakah harga beli tersebut. minta caranya ya pak,

  50. sidiq pramana Says:

    maaf mau bertanya
    seumpama gini
    ada baju harga rp 41.500
    harga tersebut sudah dibawah rata2 karena sudah dipotong 90%
    nah pertanyaan saya berapakah harga asli baju tersebut sebelum dipotong 90% sehingga menjadi 41.500

  51. Darin Salsa Bila Says:

    ini saya mau nanya dikantong plastik terdapat 40 kelereng.adi mengambil 24 kelereng.berapa persen yg dimabil adi dalam kantong tersebut

    • Admin Says:

      24:40×100=60%

  52. cacamarica Says:

    seandainya 117000+15% gmana caranya ya pak

    • Admin Says:

      pertama cari dulu 15% dari 117000, setelah itu baru ditambahkan.
      15×117000:100=17550, tinggal tambahkan 117000+17550=134550

  53. jeng hwas Says:

    enak nih hitung persen pakai excel
    info menarik min…

  54. Ocky Galih Pratama Says:

    Reblogged this on IT Go Blog.

  55. Miftahul Iman Says:

    saya ingin menanyakan, ada 725 penghuni amartemen, yang hadir dalam undangan rapat tahunan hanya 40 orang, berapa persen yah yang hadir, mohon bantuannya.

    • Admin Says:

      40:725×100=5,5%

  56. Hilal Shippo Says:

    misalnya 20 dari 45 berarti mencari persennya gini ya?
    20:45×100= 44%
    apa begitu?

    • Admin Says:

      yup, betul

  57. balinet holiday Says:

    wow.. sempurna,, terimakasih abang admin…

  58. azahra Says:

    saya mau tanya, saya dpt target 200 jt tapi baru mencapai 75 jt,,jdi saya baru nyampe brp persen ya gan kira2 ?

    • Admin Says:

      caranya 75:200×100=37,5, jd anda baru mencapai target sebanyak 37,5%.

  59. Nuraini Says:

    min.. minta bantuannya, stock barang dikomputer itu ada 35 pcs, sedangkan fisik barang ada 30 pcs, maka berapa persen selisih dari barang tersebut? terima kasih min. ditunggu jawaban nya urgent🙂

    • Admin Says:

      caranya 35-30=5, untuk mencari persentasenya 5:35×100=14,2%

  60. info kanada Says:

    kalau mau cari 30ribunya jadi gimana caranya ya?

    • Admin Says:

      ya harga pokoknya di tambah persen nya donk..

  61. doxiote flaminggo Says:

    thanks admin, sangat2 membantu sekali

  62. Rico Muhammad Says:

    makasih mas🙂 tapi saya bingung nih, cara nentuin panjang scrollbar
    salam programmer juga

  63. jhon Says:

    sya membeli barang seharga 8.000
    itu termasuk ppn 10%

    berapa harga pokoknya ?

    • Admin Says:

      10%x8000=800, jadi harga pokok 8000-800=7200

      • gusman wijaya Says:

        bos admin, kalo di balik lagi koq tidak sama jadinya….
        harga beli (sesudah ditambah ppn) 8000
        hargapokok (barang sebelum ppn) 7200
        ppn 10%
        jadi harga setelah ppn berapaaa???? = 7200 + 10% = 7920 jadi yang salah dimana koq tidak mau menjadi 8000
        tolong di jelaskan dan jangan menjawab yang gampang gampang saja….

  64. andi siregar Says:

    saya punya soal
    DPT Pilres 2014 sebanyak 123.200 sementara DPT Pilkada 2015 sebanyak 129.178.
    berpa persen jumlah DPT yang bertambah? T
    ks

  65. okta says Says:

    Dlm suatu kelas terdiri dari 18 siswa putra 22 putri jika 3 orang anak tidak sekolah karena sakit
    A.berapa persen siswa yg sekolah
    B.berapa persen siswa yg tidak sekolah
    C.berapa persen siswa putra
    D.berapa persen siswa putri

    • Adams L HyddeRyukki Says:

      B. 18+22 = 40
      3/40 = 0,075 x 100 = 7,5%
      A. 100 – 7,5 = 92,5%

      C dan D tidak dapat diketahui jika yg sakit harus ikut dijumlah tetapi tidak diketahui jenis kelaminnya, sementara jika hanya terhadap total siswa maka:

      C. 18/40 = 0,45
      0,45 x 100 = 45% putra, maka putri 65%

  66. nico Says:

    Admin mau tanya. saya cicil apartment 1.041.400.800,cicilan saya 37.869.000/bulan x 25 bulan, saat ini saya sudah angsuran ke 21, brapa persen lagi sisa hutang saya?

    • Adams L HyddeRyukki Says:

      21 / 25 = 0,84 x 100 = 84%
      100 – 84 = 16 %

  67. Windah S Hidayati Says:

    Sangat membantu sekali terimakasih….😀

  68. khoir ray Says:

    Misalkan harga satu pak 18.000 berisi 10 sachet sedangkan harga perbiji 2000, bagaimana cari persennya agar harganya satu pak 18000

    • Tassobad Says:

      18000/10 = 1800
      1800/18000= 0,1
      0,1 x 100 = 10 %

  69. May Says:

    mohon bantuannya min.
    bagaimana cara kita mengkatagorikan persentase?
    contohnya :
    katagori sedang 30 % – 50 %
    katagori tinggi ……….
    mohon pencerahannya min

  70. marhaban Says:

    Mantab


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: