Mengatasi Error “Wait on the Database Engine recovery handle failed” SQL Server

Sudah dua hari ini saya di pusingkan dengan proses instalasi SQL Server 2008 R2 Express, kronologinya adalah ketika saya ingin menginstal SQL Server pada komputer saya yang kebetulan jaringannya menggunakan Join Domain. semua berjalan lancar namun ketika proses instalasi sudah hampir selesai (detik-detik terakhir :)) tiba-tiba muncul sebuah pesan singkat yang isinya kurang lebih begini:

“The following error has occurred: Wait on the Database Engine recovery handle failed. Check the SQL Server error log for potential causes.”

Dengan penampakan seperti dibawah ini:

Error Installing SQL Server 2008 R2

Wah apa gerangan yang terjadi…, Padahal proses instalasi tinggal sedikit lagi.., dalam hati saya hanya bisa berkata “Sungguh Terlalu…!”.

Singkat cerita googling sana-sini untuk masalah ini, dan ternyata banyak juga yang ngalamin nasib sama seperti saya. banyak cara sudah dicoba namun belum berhasil juga, hingga akhirnya masalah ini saya tinggalin aja saking gak dapet solusi.

Dengan sedikit semangat yang masih tersisa akhirnya saya coba menginstal di laptop saya yang tidak join domain alias tidak terkoneksi ke jaringan, dan woow…, semua berjalan dengan lancar tanpa ada halangan sedikitpun. Setelah saya selidiki secara lebih mendalam (kayak tim penyidik KPK aj..:)) baru saya tau penyebab errornya, berikut saya jelaskan error dan solusinya:

Pada saat kita melakukan instalasi SQL Server, jika kita langsung meruning file setup-nya maka SQL Server akan membuat sebuah folder temporary untuk mengekstrak semua file yang dibutuhkan misalnya saja di drive C: seperti contoh gambar dibawah ini:

Folder Temporary Sql Server

Nah ketika proses instalasi akan membaca file dari folder di atas ternyata folder tersebut terkunci alias access denied alias tidak dapat permision sehingga terjadilah error seperti diatas. inilah yang terjadi pada saya. untuk mengatasi masalah ini berikut solusinya.

Pertama: Ekstrak terlebih dahulu file instalasi SQL server ke folder yang bisa di akses oleh semua user, misalnya ke drive D:. untuk ekstrak bisa menggunakan software WinRAR atau WinZIP.

Ekstrak Sql Server

Kedua: Sebelum menginstal SQL Server pastikan kita sudah menginstal Windows Installer 4.5 dan Windows Power Shell 1.0. untuk Windows Installer 4.5 silahkan download di sini dan untuk Windows Power Shell bisa di download di sini. Sesuaikan dengan versi Windows yang kita pakai.

Ketiga: Jalankan Instalasi SQL Server dari folder yang sudah kita ekstrak tadi dengan mengklik file setup.exe.

Dengan langkah-langkah di atas mudah-mudahan proses instalasi bisa berjalan dengan sempurna, begitulah yang saya alami. Selamat Mencoba.., Semoga bermanfaat.

One Response to “Mengatasi Error “Wait on the Database Engine recovery handle failed” SQL Server”

  1. satria Says:

    gan lebih detailnya ada penjelasannya?


Leave a Reply

