Remote Desktop Menggunakan Session Yang Sama Pada Windows Server 2003

Semua pasti sudah tahu dengan aplikasi Remote Desktop Connection, Aplikasi ini berguna untuk melakukan remote ke komputer lain. Pada semua versi Windows mulai dari Windows XP aplikasi ini sudah di sertakan. Dalam tulisan ini saya akan membahas fitur dari Remote Desktop Connection yang ada di Windows Server. Pada Windows XP kita hanya di ijinkan melakukan remote dalam satu session yang artinya jika kita melakukan remote maka komputer target yang kita remote akan dinonaktifkan sampai aplikasi remote desktop kita tutup. Berbeda halnya pada Windows Server, kita bisa melakukan remote sampai maksimal 2 session sehingga dalam waktu yang bersamaan bisa terdapat 2 user yang login dengan menggunakan session yang berbeda.

Oleh karena itu jika kita melakukan remote ke Windows Server maka secara default kita akan dibuatkan session baru, dengan kata lain kita bekerja dengan desktop baru pula. Nah lalu bagaimana jika kita sudah login dan telah menjalankan beberapa aplikasi pada komputer yang ingin kita remote dan kita ingin masuk ke session tersebut? Ini dia sedikit trik nya.

  • Dari Menu Run Ketik Perintah berikut :

mstsc /console -> perintah ini jika kita ingin meremote dari komputer dengan Windows XP

mstsc /admin -> perintah ini jika kita ingin meremote dari komputer dengan Windows Vista / Windows 7

  • Setelah itu akan tampil Window Remote Desktop Connection, Masukkan Computer Name / IP Address dan Username Komputer yang akan diremote. Untuk Settingan yang lainnya silahkan disesuaikan sendiri.
  • Klik Connect, Dan sekarang anda sudah bisa meremote komputer dengan session yang sama tanpa harus membuka program-program yang sebelumnya sudah anda buka.

 

Selamat Mencoba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: