Mengatasi Sulit Tidur / Imsomnia

Image

Tidur adalah suatu relaksasi dimana kita menghentikan semua kegiatan aktif sehari-hari, dan tidur merupakan cara alamiah bagi tubuh untuk memulihkan diri. Menurut penelitian, bila tidur terganggu maka kita bisa mengalami hal-hal sebagai berikut :

  1. Mengganggu prestasi kerja (menurun 30% bila kita berhutang 1,5 jam untuk tidur)
  2. Meningkatkan kecelakaan kerja
  3. Kegemukan
  4. Kepikunan
  5. Impotensi
  6. Kematian (bila tidak tidur selama 2 minggu)

Sebenarnya, waktu ideal untuk tidur sebanyak 6-8 jam sehari. Namun, seiring bertambahnya usia biasanya menjadi 4 jam sehari dan tingkat pulasnya pun dapat berkurang. Hal ini masih normal terjadi dan belum tentu dikategorikan sebagai insomnia. Tidak hanya faktor usia, sulit tidur juga dapat disebabkan oleh efek samping obat. Misalnya, akibat mengonsumsi obat anti hipertensi, obat steroid, dan yang mengandung kafein. Jika harus mengonsumsi obat-obatan tersebut secara rutin, Anda dapat mengganti obat dari golongan berbeda tetapi memiliki manfaat serupa, tanpa ada efek samping sulit tidur.

Untuk membantu mengatasi masalah sulit tidur, ada baiknya jika dimulai dengan mengatur hidup yang sehat. Keseimbangan antara olahraga teratur dan pola makan sehat serta lingkungan tempat tidur mempengaruhi kualitas istirahat di malam hari. berikut adalah tips agar lekas dan pulas tidur :

  1. Jangan terlalu banyak makan sebelum tidur. Makanlah pada waktu rjarak paling cepat 2 jam dari waktu tidur.
  2. Minum susu hangat akan membantu terlelap. Kalsium dan protein dalam susu membantu menenangkan saraf.
  3. Latihan pada sore hari baik dilakukan asalkan jangan terlalu keras dan tidak dekat dengan waktu tidur (kira-kira 2-3 jam sebelum tidur). Gerak badan akan membuat darah turun ke kaki dan kondisi ini baik untuk memicu kondisi relaks.
  4. Tidurlah dengan lampu dipadamkan agar melatonin dapat bekerja sempurna merangsang pusat tidur dan memicu berbagai proses pemulihan.
  5. Kenakan pakaian yang longgar agar dapat bernapas dengan leluasa.
  6. Jangan minum terlalu banyak menjelang tidur karena Anda akan terpaksa bangun untuk mengosongkan kantung urin.
  7. Jangan membaca di tempat tidur karena bisa memperpanjang fase pra-tidur.

Apabila setelah melakukan tips diatas anda masih belum bisa tidur juga, apalagi hal ini sudah berlangsung lama, kemungkinan hal ini disebabkan oleh pikiran anda. Karena berdasarkan pengalaman saya dalam membantu klien yang sulit tidur, kebanyakan disebabkan oleh faktor depresi dan pikiran yang sedang kalut, baik yang disadari oleh klien maupun yang tidak disadarinya. Biasanya untuk mengatasi permasalahan ini, klien lebih memilih jalan pintas dengan memngkonsumsi obat penenang agar cepat tertidur tapi sampai kapan obat penenang tersebut terus dikonsumsi karena akan mengganggu syaraf dan ginjal klien.
Cara yang cukup efektif adalah dengan sering melakukan rileksasi pikiran dan berdiskusi dengan diri sendiri, kenapa hal ini terjadi. Apabila anda tidak bisa melakukannya, anda bisa mengunjungi Hypnotheraphy untuk membantu menyelesaikan permasalahan anda agar terbebas dari permasalahn sulit tidur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: