Mahkota Yang Bikin Perkara

Pada zaman antik, di Syracuse, Sisilia, hiduplah seorang ilmuwan terkenal bernama Archimedes. Suatu hari raja Hiero, bermaksud membuat mahkota baru bagi dirinya sendiri. Untuk itu, dia memanggil seorang tukang tempa emas yang ahli, dan menyerahkan beberapa kati emas untuk diolah.

Pesanan raja pun selesai. Namun, sewaktu mahkota itu diserahkan dan dicoba, timbul serpercik kecurigaan di hati raja. Benarkah seluruh emas yang diberikannya sudah diolah menjadi seratus persen mahkota? Atau jangan-jangan mahkota ini cuma terbuat dari perak atau tembaga yang disalut dengan emas? Bagaimana membuktikannya tanpa harus merusaknya?

Raja pun memanggil Archimedes.

“Archimedes, ini sebuah mahkota yang indah. Dulu aku memberikan emas murni kepada tukang ahli pembuat mahkota ini. Tolong kamu periksa apakah benar mahkota ini emas tulen atau tidak? Kalau ternyata si tukang emas menipu, dia harus dihukum mati. Namun, apabila kamu tidak bisa membuktikannya, kamu juga harus dihukum mati,” konon begitulah titah raja.

Mendapat tugas berat itu Archimedes bingung, soalnya mahkota bentuknya tidak beraturan sehingga mustahil mengukur volumenya. Bayangan dihukum mati bila membuatnya gelisah. Hari lepas hari berlalu, tenggat waktu pun semakin dekat, tetapi dia belum menemukan solusinya.

Suatu sore Archimedes pergi bersantai ke pemandian umum. Saat dia menceburkan diri ke kolam, dia merasakan sebuah sensasi: badannya terasa lebih enteng karena tolakan air, dan pada saat yang sama dia melihat sejumlah air melimpah tumpah dari bibir kolam. Dan pada momen itu juga secercah pengertian, inspirasi, masuk ke dalam pikirannya.

Archimedes berhasil menemukan jawabannya. Saking gembiranya, konon dia sampai lupa mengenakan pakaian, bugil dan berlari di jalan raya berteriak-teriak, “Eureka, eureka!”, artinya “Sudah kutemukan, sudah kutemukan!”

Singkat kata, begitulah ceritanya Archimedes menemukan hukum fisika yang sekarang kita kenal sebagai hukum fluida yang terkenal juga dengan nama hukum Archimedes yang berbunyi: berat cairan yang dipindahkan zat padat yang dicelupkan ke dalamnya adalah sama dengan volume zat padat tersebut. Dan dengan prinsip itulah Archimedes dapat menentukan apakah mahkota raja itu murni emas atau tidak.

Si tukang emas terbukti korupsi.

*****

Inilah Etos ke-6 yang berbunyi kerja adalah seni, untuk itu aku harus bekerja cerdas penuh kreativitas. Prinsip ini mengatakan jika kita mengalami persoalan, jangan langsung putus asa, melainkan kita harus bertekun mencari solusinya. Kalau kita memikirkan dengan serius, membawanya ke dalam hati, pikiran, bahkan mimpi, maka pada suatu titik, akal budi kita akan sensitif dan terbuka sehingga — entah dari mana asalnya — ide kreatif akan datang dan menerobos masuk begitu saja.

Eureka! Seketika kita mendapatkan jawaban terhadap masalah kita. Bagaimana datangnya ilham atau ide cerdas tersebut tidak seorang pun tahu, namun dalam tradisi kreativitas selalu dikatakan bahwa ide genius bisa datang dari mana saja: dari awang-awang, dari langit, atau dari Tuhan sendiri. Munculnya pun tidak terduga-duga waktunya.

Jadi agar kita lebih kreatif, yang harus dilakukan adalah mengondisikan pikiran agar dibebani masalah yang memerlukan jawaban mendesak. Karena jika demikian, maka pikiran kita menjadi susceptible terhadap jawaban-jawaban yang berasal dari luar. Otak kita itu laksana membran yang mudah diterobos oleh sesuatu dari luar, yang segera bermetamorfosis menjadi pikiran cerdas, kreatif, dan inovatif sebagai solusi jitu terhadap masalah kita.

Sebaliknya, jika kita mengeraskan hati dan membungkusnya dengan berbagai prasangka, pikiran negatif, dan ketidak kepastian, maka sama artinya kita sedang menolak ide genius.

Jadi, selalulah berpikiran terbuka!

Tafsir lain kisah Archimedes, Anda tentu sudah lebih jenius memetiknya.

Sumber : id.jobsdb.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: