Ngeblog di WordPress Jadi Lebih Gampang

Beginilah biasanya cara orang memasukkan tulisan ke blog: login, klik menu untuk memasukkan tulisan, ketik tulisan, kirim, lalu selesai. Cara seperti itu bukan cara yang paling cepat.

Nah, supaya saat ngeblog lebih cepat dan gampang, coba trik ini.

Jika browser yang kita pakai adalah Firefox 2.0 biasanya semua fungsi tombol singkat (shortcut) yang diberikan pada contoh-contoh sebelumnya tidak berfungsi. Untuk browser versi ini, tambahkan Shift dalam kombinasi tombol. Jadi untuk menampilkan “Advanced Toolbar”, tombolnya [Shift] + [Alt] + [V]. kalau Anda pakai Internet Explorer atau lainnya, ikuti saja petunjuk yang ada.

  • Ketiklah isi blog seperti biasa. Kalau artikel yang ditulis cukup panjang, tekan [Alt] + [T] atau klik toolbar “Rich Text Editor” atau gambar kertas terpotong untuk membagi halaman.
  • Ketika halaman utama blog tidak menampilkan tulisan secara penuh, di akhir tulisan ada tulisan “read more…”, “click here to read more…”, atau sebangsanya. kata-kata itu bisa diganti. Caranya begini. Klik tombol [Alt] + [E] di halaman panel kontrol WordPress. Cari tulisan “<!–more–>”. Sisipkan kata-kata yang kita kehendaki ke dalam kode itu, misalnya menjadi “<!–more …baca lebih lanjut–>”.
  • Rapikan teks dengan menggunakan toolbar Rich Text Editor. Di sana ada opsi untuk membuat teks rata kiri, tengah atau kanan. Tapi tidak tersedia untuk merapikan tulisan agar rata kiri-kanan (justify). Untuk mengaktifkan fitur ini pakai tombol keyboard [Alt] + [J].
  • Untuk memunculkan “Advanced Toolbar” pada Rich Text Editor, tekan [Alt] + [V]. “Advanced Toolbar” bisa bikin kita mengubah-ubah font, seperti memberi warna, menyisipkan karakter-karakter aneh.
  • Gunakan tombol [Shift] + [Enter] untuk menyisipkan baris pemutus dalam paragraph.
  • Tampilan blog sepenuhnya ditentukan oleh template yang kita pilih. Dari menu “Presentation” terdapat sub menu yang isinya tergantung dari template yang tersedia. Tidak semua template bisa diubah-ubah.

Selain template ada submenu “Sidebar Widgets”. Kita bisa banyak melakukan perubahan. Dengan “drag and drop”, widgets bisa dipindahkan ke dalam sidebar kemudian menatanya sesuai kehendak kita.Selanjutnya tinggal mengaturnya dengan mengklik bagian kanan dari widgets.

Widgets setiap template bisa berbeda-beda. Kita juga bisa mengkostumasi TEXT widgets sepenuhnya dengan kata-kata atau tag HTML yang bisa diterima WordPress.com.

• Untuk upload file, masuk ke dashboard atau bisa langsung klik [new post]. Lihat bagian bawah “Rich Text Editor”. Ada tempat untuk upload file. Klik browse untuk mencari file yang akan di-upload dari komputer kita. Isi judul file yang akan di-upload. Kalau perlu, isikan deskripsi atau keterangannya.

Langkah berikutnya klik [Upload] yang ada di bagian kanan bawah deskripsi.
Pastikan Anda menjumpai submenu berikutnya, biasanya masuk ke sub menu cari di bagian upload tadi. Selanjutnya tempatkan pointer mouse di atas nama file yang di-upload tadi, klik kanan dan copy link-nya. Itulah letak file upload-an tadi. Selanjutnya untuk mengaksesnya bisa dibuatkan link di bagian postingan atau di text widgets.

• Bila diperlukan kita bisa back-up blog kita, ini untuk antisipasi kalo suatu saat ada masalah dengan wordpress.com. Caranya pakai aja software websitecopier. Salah satunya seperti WinHTTrack. Kalau belum punya WinHTTrack bisa download dari http://download.httrack.com/cserv.php3?File=httrack.exe sini untuk Windows, dan di http://download.httrack.com/cserv.php3?File=httrack.tar.gz untuk Linux.

Sumber: PCplus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: