Berbicara Atau Mendengarkan..???

Biasanya dalam suatu perbincangan dengan teman-teman saling bersahutan dan tak mau mengalah antara satu dengan yang lain untuk mengutarakan pendapatnya. Hal ini terlihat semrawut yang membuat arah pembicaraan menjadi tidak jelas. Terlebih dengan suasana bicara nyolot yang dapat menimbulkan rasa tersinggung atau kemarahan. Reaksi-reaksi semacam ini tentu saja akan merusak suatu komunikasi dalam perbincangan tersebut.

Memang pada dasarnya orang lebih suka berbicara daripada diam mendengarkan.  untuk itu perlu adanya solusi dalam menumbuhkan komunikasi yang efektif yang mendahulukan pendengaran kita. namun tantangan yang kita hadapi hanya satu yaitu bagaimana kita berusaha lebih lebih banyak mendengar daripada bicara. sebenarnya sebuah komunikasi yang efektif, senjata utama terletak pada telinga. Tuhan memberikan telinga lebih banyak daripada mulut, artinya kita harus lebih banyak mendengar baru bicara.

Ditekankan pada sebuah teori juga mengapa manusia diciptakan dengan letak telinga lebih atas dibandingkan dengan mulut kita. Ini sejatinya mengandung arti bahwa kita semua semestinya mendahulukan pendengaran kita pada si pembicara. pusatkan perhatian kita pada si pembicara. Pahami bahwa jika kita mendengarkan terlebih dahulu kita akan dapat benar-benar mengerti topik pembicaraan. Kemudian barulah kita dapat menyimpulkan saran atau tanggapan yang tidak hanya ngomong doang kepada lawan bicara karena kita sudah mendengar apa pokok permasalahannya. Sehingga solusi pembicaraan tersebut dapat sejalan dengan yang dibicarakan.

Suatu pembicaraan yang membutuhkan daling toleransi sehingga terjalin sebuah komunikasi antara si pendengar dan pembicara. Dengan pembicaraan yang jauh dari saling tubruk bicara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: