Rumus Mencari Persen

Suatu hari ada temannya saya yang menanyakan masalah matematika kepada saya, yaitu cara mencari persen dari sebuah nilai. maklum waktu itu adalah tanggal muda jadi mungkin beliau ingin menghitung-hitung gajinya.., wah dalam hati saya langsung berkata “Lha saya aja matematika-nya jeblog waktu kuliah dulu..” hee.. :) namun karena saya sudah terbiasa dengan logika coding pemrograman jadi saya sedikit menerka nerka rumusnya seraya berpikir keras.. heee..! dan akhirnya saya dapet menerangkan kepada beliau cara mencarinya..

OK, di disini saya hanya ingin sekedar sharing untuk adik-adik dan juga bapak-bapak serta sebagai pengingat kepada diri saya sendiri mana tau lupa tentang rumus mencari persen. ok langsung saja cek ke TKP.

Contohnya misalkan harga baju adalah Rp. 30.000 kemudian baju tersebut mendapat diskon 5%, bagaimana mencari 5% dari 30.000, dan berapa harga sebenarnya dari baju tersebut. rumusnya ialah:

Cara I:

nilai persen = [nilai persen]x[100]x[nilai pecahan]

5:100×30.000 = 0.05 x 30.000 = 1.500

Atau cara II:

nilai persen = [nilai persen]x[nilai pecahan]/[100]

5×30.000/100 = 1.500

Jadi harga baju = 30.000 – 1.500 = 28.500

Contoh lain, misalkan kita sudah mengetahui nilai dari suatu pecahan dan ingin mencari persentasenya, seperti contoh diatas kita akan mencari 1.500 dari 30.000 itu berapa persen-nya? maka dapat kita hitung dengan rumus sebagai berikut:

persen = [nilai]:[nilai pecahan]x[100]

1.500:30.000×100 = 5%.

 

Hikmah yang dapat diambil:

Jangan suka meremahkan ilmu walaupun ilmu itu hanya sepele, Ilmu matematika ternyata banyak manfaatnya… dulu saya tidak terlalu suka dengan pelajaran matematika, tapi sekarang baru terasa manfaat-nya terutama menyangkut pekerjaan saya sebagai programmer. Selain itu ternyata dalam Islam pun matematika juga di perlukan, seperti dalam ilmu mawaris, menghitung zakat dan lain sebagainya.

Selamat mencoba, semoga bermafaat..

16 Tanggapan to “Rumus Mencari Persen”

  1. amp31 Says:

    maaf mau bertanya…
    saya jual baju dengan harga 250.000,,, kemudian (rencana memberikan diskon kepada pelanggan)saya mau turunkan harganya menjadi 230.000,, berapa persenkah yang harus saya tulis di toko saya ????

    • Admin Says:

      Cara mencarinya begini:
      Harga baju = 250.000, mau dijual menjadi 230.000, maka secara nilai kita akan memberi diskon sebanyak 20.000 (250.000-230.000), jadi untuk menjadikannya persen kita bisa pakai rumus yang kedua yaitu:
      persen = [nilai]:[nilai pecahan]x[100] sehingga:

      persen = 20.000:250.000×100 = 8

      Jadi 20.000 dari 250.000 adalah 8%.

      Semoga membantu..

      • ainul jakin Says:

        terimakasi, sangat membantu sekali

      • Admin Says:

        Sama-sama pak..

  2. aj Says:

    makasih banyak

    • Admin Says:

      ok terimakasih telah mampir ke blog saya.

  3. LIN Says:

    Saya mau tanya gimana caranya mencari persen
    misalnya Q bahan yg dipakai 6899 Rp 119.669.096.98 total pemakaian bahan Q 29396 Rp 131.443.214.67. pertanyaannya berapa % pemakaian bahan dari total pemakaian.

    • Admin Says:

      Mungkin bisa pakai cara yang kedua pak:
      persen = [nilai]:[nilai pecahan]x[100] sehingga:

      persen = 6899:29396×100 = 23,5%

      Jadi bapak sudah memakai 23,5% dari total pemakaian..
      Semoga membantu…

  4. adnan Says:

    mas bro mw nanya..
    misal ny ad data bgni:
    pendapatan hari pertama=2500, trus pendapatan hari kedua turun menjadi=1900
    nyari persentase penurunan ny gmna?
    klo bsa beserta penjelasan metode/penjelasan teori ny mas..

    • Admin Says:

      hari pertama=2500 kemudian hari kedua turun menjadi 1900, maka jika dikurangkan 2500-1900=600 sehingga dari hasil pengurangannya tersebut didapat penurunan sebesar 600, nah langkah selanjutnya tinggal kita cari saja 600 itu berapa persen dari 2500.

      Kita bisa pakai rumus yang kedua yaitu:

      persen = 600:2500×100 = 24

      maka didapat persentase penurunannya sebesar 24%.

      Demikian, semoga membantu..

  5. yukisky Says:

    Bro mau nanya misalnya harga brng 12000 terus di diskon 25% jadi 9000 terus kalau saya balikan ke 9000 ditambah diskon 25% harganya jadi lain bro.yg saya mau nanya rumusnya untuk menambahkan 25% supaya pas untuk di tambahkan dan untuk dikurangkan.thanks before

    • Admin Says:

      Jadi lain gimana mas bro, mungkin mas bro pas nambahkan 9000+25% itu 25% diambil dari 9000 jadi harganya gak sama..

  6. Ari Widi Andhika Says:

    mas..
    mass tolong cara mencari persen soal seperti ini gmn ya??..
    untuk project
    sebuah team mempunyai Stat 76,50
    dan max Stat tsb adalah 99,00
    percennya brp ya?

  7. SoepaDh PoetrinapAk CuRadh Says:

    saya mau tanya ,
    bagaimana cara mencari persentase sebuah kiriman yang nominalnya adalah Rp. 31.588.965 dari sebuah penyewaan mobil dengan harga Rp.600.000.mohon penjelasannya .terima kasih :)

  8. idaylummm Says:

    Ada aplikasinya ga gan,buat symbian atow java???

  9. aceng Says:

    sangat membantu sekalee… thangksss


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

